Jumat, 07 Desember 2012

Resensi Novel Dunia Baruku



KEHIDUPAN BARUKU

D
I
S
U
S
U
N
Oleh:
Nama               : Putri Dewi Mahrani Purba
Kelas               : XI IS 2

SMA NEGERI 2 BALIGE
TOBASA
SUMATERA UTARA
2012





Data identitas buku
Judul buku                                          : Including Alice
Pengarang                                           : Phyllis Reynolds Naylor
Penerbit                                               : PT.Gramedia Pustaka
 Tempat dan tahun terbit                     : Jakarta, Agustus 2008
Tebal buku                                          : 264 halaman
Harga buku                                         : Rp 37.050
 Ukuran                                               : 13,5 x 20 cm
Desain sampul                                     : Maryna
Warna sampul                                     : Putih dan Cokelat

 SINOPSIS
18 Agustus adalah hari yang sangat dinanti Alice yang baru masuk kelas 2 SMA. Dimana pada hari itu ia akan mendapat ibu baru yang merupakan guru Bahasa Inggrisnya saat SMP. Calon ibu tirinya yang cantik dan yang adalah guru idaman yang bernama Sylvia Summers. Sejak pertama bertemu, sudah menyukai ibu Sylvia. Dan sejak itulah Alice berencana untuk menjodohkan ayahnya dengan guru Bahasa Inggrisnya. Ia mempertemukan kedua insan itu dalam beberapa acara, hingga akhirnya mereka berencana untuk melanjutkan hidup baru. Namun perjalanan mereka ada hambatannya. Ibu Sylvia pergi selama satu tahun ke New Mexico untuk menentukan pilihannya, apakah akan memilih ayah Alice atau aim Sorringer mantan kekasihnya. Setelah satu tahun dia kembali dan pergi lagi selama tiga bulan ke New Mexico untuk merawat adiknya yang sedang sakit. Akhirnya Ms. Summers pun memutuskan untuk menikah dengan ayah Alice, karena ia telah setia menunggunya selama satu tahun tiga bulan.
Akhirnya pernikahan berlangsung pada tanggal 18 Agustus dan Alice mengundang ketiga sahabatnya Elisabeth,Gwen,Pamela dan juga Patrick mantan kekasihnya.Dan tidak terfikir untuk mengundang Penny yang sudah merebut kekasihnya.Sebelum pernikahan ia telah menduga-duga apakah pernikahan itu akan berjalan dengan baik atau sebaliknya.Apakah Jim Sorringer akan mengacaukan pesta itu.Apakah Sylvia akan muntah saat berada di altar.Namun semuanya itu tidak benar,bahkan berlangsung dengan sangat baik
Setelah dua minggu hidup bersama dengan Sylvia,Alice masih saja merasa canggung .Namun saat Alice sakit ayahnya tidak merawatnya karna sibuk namun Sylvia tetap setia merawatnya hingga dia sembuh.Dan satu hari sebelum natal Sylvia sakit seperti Alice beberapa hari yang lalu dan Alice pun merawat Sylvia sebagaimana Sylvia merawatnya.Alice pun semakin menyayangi dan mulai mengganggap Sylvia sebagai ibu kandungnya.
Alice menghabiskan malam tahun barunya bersama Lester yang merupakan abang kebanggaannya dan juga teman-temannya.Sedangkan ayah dan ibunya pergi makan malam berdua.



 KELAMAHAN :
·         Terdapat beberapa kata yang salah diketik.
·         Banyak kata-kata asing yang tidak dilengkapi dengan pengertiannya.
·         Cerita akhir tidak terlalu menarik.



KELEBIHAN :
·         Gaya bahasanya sangat bagus dan mudah dimengerti.
·         Dapat mengembangkan satu topik “pernkahan” menjadi satu cerita dengan halaman 260.
·         Pengarang mampu memberi karakter-karakter yang tepat pada setiap tokoh dan saling melengkapi.
·         Ceritanya sangat bersahabat dengan karakter-karakter remaja zaman sekarang.

KESIMPULAN :
Saya sangat terkesan terhadap cerita yang dikarang oleh Phyllis Reynolds Naylor ini karna memberi pesan yang sangat mendalam yaitu “semua orang memiliki kelemahan dan kelebihan,sekalipun kita mengagumi seseorang ,janganlah kecewa saat mengetahui bahwa orang itu memiliki kekurangan.Dan perlu kita ketahui bahwa tidak semua rencana atau kehendak kita berjalan sesuai dengan rencana dan sebaiknya kita harus tetap berfikir positif terhadap siapa pun dan dalam keadaan apapun.”







Tidak ada komentar:

Poskan Komentar